Rumah adalah kepribadian pemiliknya


Kalau polisi mengatakan cara berkendara kita, adalah menggambarkan kepribadian pengendaranya. Begitu juga dengan rumah kita. Rumah menggambarkan kepribadian yang kita miliki. Desain rumah yang kita hasilkan sesungguhnya merupakan runtutan kejadian psikogis kita pada saat kita merencanakannya. Ide-ide kita adalah kepribadian itu sendiri, karenanya munculah konsep rumah minimalis, kolonialis, tropis atau konsep-konsep lain yang tidak lain adalah pencerminan kepribadian kita. Bahkan bila kita tidak tahu apa yang kita inginkan akhirnya sertamerta kita meniru konsep yang ada, itupun sesungguhnya menggambarkan kondisi psikologis pada saat itu.

Seorang arsitek dan perencana rumah yang baik, ia akan mencoba jeli dalam menangkap sisi kepribadian dari pemilik. Tidak heran, bila pemilik akan merasa nyaman dengan hasil perencanaannya, atau bahkan pemilik merasa kurang nyaman.

Dalam kasus tertentu manakala pemilik tidak memiliki pilihan banyak dalam merencanakan rumahnya, dengan kata lain ia membeli langsung dari developer atau orang lain tanpa terlibat langsung dalam proses desain, maka kepribadian pemilik akan tergambar nanti dari caranya menata rumah. Hal ini bisa dimaklumi karena hampir sebagian aktifitas pemilik dihabiskan di rumahnya. Bahkan ada pendapat, kalau kita ingin menilai kebersihan rumah seseorang maka mulailah melihat dari kamar mandinya.

Anda pasti setuju, orang yang memilik kepribadian yang kental dalam unsur jawa dengan orang yang berkepribadian praktis, akan sangat berbeda dimulai dia memilih jenis meja makannya bahkan meletakannya dimana.

Bisa saya pertegas, bahwa proses desain sebuah rumah memang sangat kental dengan sisi kepribadian dari pemiliknya bahkan tidak mungkin kepribadian si arsitek. Namun aktifitas harian yang dilakukan oleh pemilik juga akan terlihat dari penataan dari pemilik.

Coba sekarang lihat rumah anda, sesuaikah dengan kepribadian anda?

Comments
2 Responses to “Rumah adalah kepribadian pemiliknya”
  1. rekomendasikan untuk kita bos,
    saya ingin rumah sederhan tanpa garasi kendaraan karan saya punya nya cuma roda dua, sekaligus saya mau buka usaha di rumah semacam warnet /konter hp , dengan luas tanah 175m2 , dengan posisi tanah aga miring ke atas , tema rumah nya saya mau minimalis moderen, dengan 3 kamar tidur, satu lantai aja , modal nya minim heheeee, kalo bisa rekondasikan juga bajet yg harus saya sediakan , terima kasih , jempol 2 buat blog nya

  2. putri says:

    askum,mas saya mau minta tolong buat rumah saya yg amburadul, jadi BT tiap kali masuk rumah dan bikin ga kerasan.

    tanahnya ukuran p=12m l=6m terletak di ujung gang (gang buntu)
    saya penginnya 2 lantai
    Lantai 1 : kamar tidur (2) ; ruang tamu ; ruang keluarga ; ruang makan ; ruang shalat ; kmr mandi ; dapur
    Lantai 2 : balkon ; kamar tidur (3) ; ruang keluarga ; jemuran & tempat setrika
    sekalian ukuran dan budgetnya mas

    thanx a lot ya mas atas bantuannya,GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: