Tips Anggaran Renovasi Rumah



Renovasi rumah sering menjadi opsi pemilik rumah dalam menyikapi perubahan kebutuhan ruang dalam rumah tinggal, misalnya menambah kamar tidur, membuat tempat jemuran, membuat garasi dan terkadang merubah tampak/fasad rumah. Kebutuhan renovasi rumahpun sering dipicu oleh alokasi dana, sehingga rumah direncanakan dengan konsep rumah tumbuh, akhirnya renovasi pun sulit dihindari.

Namun tahukah Anda bahwa terkadang anggaran renovasi rumah adalah lebih mahal dari membangun rumah dari awal?Kenapa bisa begitu?Logika sederhananya adalah adanya tambahan biaya berupa pekerjaan bongkaran dan perbaikan didalamnya?Contoh, bila kita ingin menambah tingkat rumah kita, maka pekerjaan bongkaran lantai tidak bisa dihindari, karena kita harus menggali pondasi telapak/setempat.Tidak hanya itu saja lantai bongkaran harus kita kembalikan ke posisi semula atau malah diganti dan dirubah yang berarti ada biaya pekerjaan lantai yang harus kita anggarkan, ini belum termasuk biaya pembongkaran plafond, bongkaran instalasi listrik, mungkin juga instalasi air. Rumit bukan? Intinya pekerjaan renovasi memerlukan ketelitian dalam merencanakan anggarannya, terkait dengan pekerjaan apa saja yang akan dilakoni dalam renovasi tersebut.

Tips singkat untuk Anda yang ingin membuat anggaran renovasi rumah :
Tentukan dengan jelas apa yang akan direnovasi dan rincian pekerjaan yang pasti terjadi akibat renovasi yang akan kita kerjakan, misal kita bermaksud menambah jemuran di atas dapur, maka kita harus membuat rincian pekerjaan dengan sangat detail dan teliti, contoh :

  • Bongkar keramik lantai
  • Gali pondasi setempat
  • Membuat pondasi setempat
  • Mengurug tanah kembali setelah pondasi selesai
  • Bongkar plafond+instalasi listrik yang ada
  • dan seterusnya

Semua item pekerjaan ini sudah harus kita pikirkan sedetil-detilnya, yang nantinya setiap item tersebut berimbas pada munculnya harga satuan pekerjaan dan akhirnya harga total sebuah pekerjaan renovasi.

Selanjutnya, kita juga harus fokus rencana awal renovasi, jangan menambahkan pekerjaan-pekerjaan renovasi lainnya. Ini untuk menjamin anggaran kita tidak kacau dan jadi over

Dengan membuat uraian pekerjaan yang tepat, bisa mengurangi kemungkinan membengkaknya anggaran renovasi.

Bila kita awam mengidentifikasi item-item pekerjaan tersebut, tentunya anda harus bertanya pada ahlinya. Semoga tips singkat ini bermanfaat

Comments
One Response to “Tips Anggaran Renovasi Rumah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: