Menggambar harus pakai AutoCAD?


AutoCAD merupakan software drafting paling populer di kalangan orang teknik. Software yang identik dengan Autodesk ini memiliki kelebihan-kelebihan yang memang diharapkan oleh pengguna dari kalangan teknik, misalnya seperti teknik mesin, teknik sipil, dan teknik arsitektur. Kelebihan yang nyata dirasakan para penggunanya saat ini adalah:
  1. Memiliki tingkat akurasi gambar yang tinggi,
  2. Operasional yang mudah. Tidak memerlukan waktu lama untuk menguasai software ini.
  3. Memiliki fitur dan fasilitas sangat lengkap untuk keperluan menggambar. Terutama gambar teknik,
  4. Proses editing gambar yang lebih cepat,
  5. Terdokumentasi secara rapi di komputer, bukan dalam bentuk gulungan-gulungan kertas.

Hampir semuanya produk desain saya di hasilkan dari software ini, sangat sulit bagi saya melakukan pekerjaan desain tanpa menggunakan software ini.

Namun perlukah software ini perlu kita miliki untuk keperluan perencanaan dan desain rumah kita?Sebelumnya saya menggambar secara manual untuk kepentingan perencanaan desain, namun pekerjaan revisi atau perubahan-perubahan yang harus saya lakukan, membuat pekerjaan saya semakin lama dan melelahkan. Itu yang saya rasakan. Jadi saya memang memerlukan software ini. Mungkin anda punya pengalaman lain?

Sayangnya software ini dibandrol dengan kisaran harga $1.000. Harga yang masih sangat mahal, apalagi untuk pengguna perorangan seperti saya ini. Mengingat mahalnya software ini, maka bajakannya pun banyak beredar di kalangan masyarakat kita.

Satu hal yang menjadi perhatian saya, bahwa gambar yang dihasilkan autoCAD ternyata tidak secantik yang dihasilkan oleh tangan kita (manual). Gambar akan memiliki kesan seni dan terasa lebih hidup bila digambar secara manual. Namun seiring dengan pengalaman kita dalam menggunakan AutoCAD, saya yakin hal itu bisa dipenuhi.

Leave a Reply

