Desain Denah Rumah tipe 130 m2 buat Mas Rio


Terima kasih atas kunjungan ke blog saya http://g1terasrumah.blogspot.com/.Seperti yang mas Rio minta desain denah di atas lahan 15×13 m2. Lahan ini lumayan luas untuk membuat desain denah rumah yang ideal. Rupanya mas Rio mengharapkan rumah satu lantai dengan kebutuhan 4 kamar tidur dan 2 Km/Wc. Menurut hemat saya lahan yang demikian sebaiknya di desain untuk 3 kamar tidur karena kita juga harus berhitung dengan kebutuhan area service dan ruang terbuka untuk sirkulasi udara dan cahaya.

Ke-4 kamar tidur semuanya memiliki jendela yang diperlukan untuk sirkulasi udara dan cahaya. Hanya kamar tidur utama mungkin yang kurang beruntung dalam sirkulasi cahaya, namun untuk mengakali limpahan sinar matahari di area belakang sangat disarankan konstruksi penutup atap dapur dan Km/Wc belakang tidak terlalu tinggi (bisa menggunakan beton bertulang, sekaligus jadi tempat jemur), sehingga sudut cahaya matahari tetap bisa masuk ke kamar tidur utama.

Ruang keluarga dan ruang makan diletakan dalam satu area. Di area ini sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan letak kusen pintu untuk tidak menyulitkan kita nantinya dalam perletakan furniture, selain itu juga harus memperhatikan kemudahan akses penghuni.

Sayangnya informasi mengenai arah mata angin lahan dari mas Rio, tidak ada. Informasi ini relatif membantu untuk menguatkan desain denah, semisal bagaimana kita akan meletakkan dapur di rumah.

Semoga mas Rio berkenan dengan desain ini

Comments
8 Responses to “Desain Denah Rumah tipe 130 m2 buat Mas Rio”
  1. dody tea says:

    Mas boleh konsultasi??Bagaimana menambah ruangan di lahan yg melebar 10m (ke belakang) x 12m (ke samping)existing :- rumah type 27 di hook.- 1 kamar utama 3 x 3 & 1 kamar 2 x 3 (belakang)- tanah standar : 10×6 ; tanah lebih 10 x6 ; jd luas tanah : 10 x12- dinding ruang tamu menempel ke dinding tetangga hanya terpisah 1 bata merah saja.- jarak bangunan dari depan 3,2 m- jarak bangunan dari belakang ke kamar belakang : 2 m , – jarak bangunan dari belakang ke kamar mandi : 2,5m.Rencana :- menghilangkan kamar belakang (yang 2×2)- menambah 2 kamar, dan memperbesar kamar utama (jadi ada 3 kamar).- ada ruang yg cukup lega (gabungan ruang tamu dan kamar yg dihilangkan)- ruang tamu existing boleh berubah fungsi (ruang tamu jd di tempat lain)sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  2. AGUSCWID says:

    Suatu kehormatan mas Dodi berkunjung & Thanks.Baik Mas Dodi, Saya akan segera merespon comment mas Dodi dalam bentuk gambar. Maaf beberpa waktu lalu..saya belum juga bisa membalas permintaan sahabat sekalian termasuk mas Dodi,dikarenakan koneksi internet saya yang tidak kunjung membaik, maklumlah di areal Batu Malang sinyalnya kurang menguntungkan untuk beberapa provider. kebetulan kali ini ada provider baru yang sangat membantu saya.Mohon mas Dodi bersabar.Thanks

  3. fadhil says:

    Mas tolong Dong Buatkan Denah dan Tampak untuk rumah saya, ukuran tanah 20 x 12 m (melebar), kebutuhan ruang 3 kamar tidur (kamar tidur utamanya agak besar), dapur, kamar mandi, ruang kerja ruang keluarga kalau bisa lantai 1 tapi ada lantai duanya sedikit.

  4. zazi says:

    salam, mas saya sangat senang jika mas mau membantu saya mendesain rumah.
    saya memiliki tanah ukuran 14×23 m2. saat ini saya belum memiliki dana yang cukup untuk membuat rumah tetapi saya akan membuat rumah dengan konsep rumah tumbuh yaitu membangun dengan cara mencicil. saya mohon mas mau membuatkan saya denah sekaligus gambarnya yang nantinya akan saya bangun. saya sekarang akan membangun kamar atau paviliun dulu di tanah bagian belakang. saya menginginkan ada taman di belakang,kamar tersebut berjendela kaca besar agar dapat memandang ke taman. lalu rumah masa depan saya memiliki kamar 3,kamar mandi di luar 1, ruang makan, ruang tamu, ruang sholat,ruang keluarga, garsi, dan dapur. saya juga menginginkan ada taman di halamaan deupan. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  5. Very says:

    Sore pak…
    Saya sangat tertarik dengan Desain bapak…. Saya minta tolong di desainkan rumah dgn 1 lantai minimalis, ukuran tanah saya 500 m2 (panjang 30,25 m dan lebar 16,5 m menghadap (barat/jalan umum), adapun rumah yg ingin saya bangun terdiri dari :
    1 buah Kamar Utama + Kamar Mandi (Kamar mandi dalam kamar dengan kloset duduk dan shower)
    2 buah kamar anak
    1 buah dapur+ ruang makan
    1 buah kamar mandi+WC
    1 ruang tamu
    1 ruang keluarga (untuk nonton, dll)
    1 teras depan + taman kecil
    1 teras belakang + taman kecil
    1 carport
    Rumah Menghadap Barat/jalan aspal

    Saya tunggu kiriman dari bapak ke : vry_firdaus@yahoo.com
    Akhri kata saya ucapkan terimakasih banyak atas balasannya…

    Thank’s
    vry

  6. stenly says:

    MAS TOLONG DESAIN RUMAH DI LAHAN 10 X 15 KONSEP MODERN MINIMALIS 3 KAMAR,

  7. Hamsir says:

    MAS TOLONG DESAIN RUMAHSUDUT JALAN DI LAHAN 10 X 15 KONSEP MODERN MINIMALIS 3 KAMAR

  8. Hamsir says:

    SALAM. MAS TOLONG DESAIN RUMAH SUDUT JALAN DI LAHAN 14 X 13 KONSEP MODERN MINIMALIS 3 KAMAR. T.kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

